POSTINGAN UNGGULAN

Manfaat Kunyit Bagi Muka Berjerawat dan Cara Penggunaannya

manfaat kunyit bagi muka

Sebelum kita membahas manfaat kunyit bagi muka serta penggunaanya, alangkah baiknya kita mengetahui apa sih kunyit itu?. Kunyit atau kunir yang dalam bahasa Latin dikenal dengan sebutan Curcuma Domestica, adalah salah satu rempah-rempah dan tanaman obat asli berasal dari daerah dataran Asia Tenggara.
Salah satu senyawa aktif yang dikandungnya bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptic. Sehingga dapat secara efektif digunakan sebagai obat jerawat. Selain itu kunyit juga mengandung nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kecantikan kulit tubuh Anda. Saat ini banyak produk kecantikan di pasaran dengan harga mulai dari harga yang termurah dengan harga paling mahal. Akan tetapi itu tidak akan menjamin mendapatkan hasil yang anda inginkan tidak jarang bahkan sebagian dapat menyebabkan masalah pada kulit jika tidak cocok.
 Misalnya, membuat kulit menjadi merah, luka, iritasi dan yang lebih parah lagi kulit akan rusak dan infeksi yang kemudian menjadi kanker kulit. Nah, untuk menghindari hal demikian, anda dapat menggunakan bahan herbal untuk menjaga kesehatan kulit anda. Salah satu bahan alami yang dapat anda gunakan adalah kunyit, kunyit memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan kulit anda, baik kulit wajah dan kulit badan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami menjelaskan tentang manfaat kunyit bagi muka berjerawat dan kulit badan dan penggunaannya
Manfaat Kunyit bagi Muka Berjerawat dan Penggunaannya
Kulit manusia memiliki pori-pori yang dapat diisi oleh berbagai partikel, seperti sel-sel kulit mati, terisi penuh dengan kotoran atau bahkan keringat. Ketika pori-pori diisi oleh berbagai benda tersebut, maka wilayah ini mungkin akan terjadi infeksi bakteri. Infeksi bakteri ini yang akan memicu peradangan, pembengkakan yang kemudian berkembang menjadi nanah. Kondisi ini disebut jerawat.
Jika seperti itu, maka ada beberapa cara guna mengobati jerawat yang bisa anda lakukan dalam beberapa step. Yakni menghambat atau mencegah infeksi oleh bakteri, mengurangi peradangan dan menghapus materi yang mengisi pori-pori kulit secara keseluruhan. Untuk alasan ini, salah satu cara yang paling efektif untuk mengobati itu adalah untuk mencari obat yang memiliki fungsi sebagai antibakteri, antiseptik, anti-inflamasi.
Seperti dijelaskan di atas manfaat kunyit bagi muka sangat banyak, salah satunya bisa mengobati jerawat. Karena kunyit memiliki senyawa yang dapat mengobati jerawat. Tidak hanya memiliki efek farmakologis yang tepat untuk menghilangkan jerawat, tetapi kunyit juga merupakan bahan herbal yang memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan penggunaan senyawa kimia.
Curcumin merupakan senyawa utama yang dikandung oleh kunyit dan sudah terbukti ampuh sebagai agen farmakologis. Seperti antioksidan, antitumor, analgesik, alergi, zat, antispasmodic, karmaninatif dan masih banyak lagi. Jadi anggapan bahwa ada manfaat kunyit bagi muka berjerawat itu memang benar, bukan lagi mitos.
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat memperoleh manfaat kunyit sebagai obat jerawat. Simak yang berikut ini.
1.    Cara pertama
Anda perlu menyiapkan satu gelas susu hangat serta satu sendok teh kunyit (bubuk kunyit). Selanjutnya, campukan kunyit ke dalam segelas susu dan aduk sampai merata. Nikmati sekali sehari, pada waktu sebelum tidur. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih mampu melawan bakteri penyebab infeksi sehingga cepat menyembuhkan jerawat.
2.    Cara Kedua
Pergunakan kunyit sebagai bahan lulur guna melenyapkan noda yang bekas jerawat. Caranya, siapkan 2-3 sendok teh bubuk kunyit, 1-2 tetes minyak mustard atau minyak zaitun, dan 1-2 tetes jus lemon. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut, kemudian oleskan secara merata ke wajah dan biarkan sekitar kurang lebih 15 menit sampai meresap di wajah, lalu bilas dengan air bersih.
Itulah, beberapa manfaat kunyit bagi muka berjerawat, dari pada menggunakan obat anti-jerawat berbahan kimia selain akan memberi efek yang buruk harganya juga relatif agak mahal.

Comments